Hubungan Kolesterol Dengan Stroke Yang Wajib Anda Ketahui

Seperti pada judul yang akan kita bahas nanti, alangkah baiknya kita ketahui dahulu apa itu kolesterol dan penyakit kolesterol (kolesterol jahat.

Apa itu kolesterol?

Hubungan Kolesterol Dengan Stroke – Kolesterol adalah zat lemak dan sangat penting agar tubuh Anda berfungsi dengan baik. Sebagian besar kolesterol dalam tubuh kita dibuat oleh hati, tapi bisa juga diserap dari beberapa makanan yang kita makan.

Kolesterol dibawa dalam darah Anda oleh protein dan saat mereka menggabungkannya membentuk lipoprotein. Ada dua jenis lipoprotein:

  • Low-density lipoprotein (LDL) membawa kolesterol dari hati ke sel yang membutuhkannya. Hal ini sering disebut ‘ kolesterol jahat ‘ karena jika terlalu banyak, bisa terbentuk di dinding arteri Anda.
  • High-density lipoprotein (HDL) dikenal sebagai ‘ kolesterol baik ‘ karena mengandung kolesterol dari sel dan kembali ke hati Anda, di mana ia dipecah atau dilewatkan keluar dari tubuh.

Jika Anda memiliki kadar kolesterol sangat tinggi dalam darah Anda (dikenal sebagai hiperlipidemia), hal itu dapat mempengaruhi kesehatan Anda. Bisa saja anda terkena penyakit yang sangat berbahaya seperti penyakit stroke.

Mengapa kolesterol tinggi meningkatkan risiko stroke?

Ini adalah keseluruhan keseimbangan kolesterol baik dan buruk dalam tubuh yang mempengaruhi risiko terkena stroke. Terlalu banyak kolesterol jahat dalam darah Anda dapat menyebabkan timbunan lemak mengalir di arteri Anda dan membatasi aliran darah. Ini juga meningkatkan kemungkinan pembekuan darah pada pembuluh darah diotak.

Bagaimana saya tahu jika saya memiliki kolesterol tinggi ?

Kolesterol tinggi tidak memiliki gejala yang nyata, jadi Anda perlu memeriksakan kadar kolesterol Anda, terutama jika Anda berusia di atas 40 tahun dan memiliki faktor risiko utama lainnya untuk mengembangkan kondisinya:

  • Riwayat penyakit jantung atau kolesterol tinggi dalam keluarga Anda
  • Anda kelebihan berat badan dikarenakan kurangnya berolahraga.
  • Anda memiliki tekanan darah tinggi atau diabetes.

Selain kolesterol dapat menjadi penyakit stroke, jika penyumbatannya di otak, dan jika penyumbatan kolesterol di pembuluh darah di jantung maka akan menyebabkan penyakit jantung koroner. begitu juga peyumbatan di kaki bisa disebeut dengan arteri perifer.

oleh karena itu cegah kolesterol sekarang juga sebelum sesuatu yang tidak kita harapkan bisa kita cegah. caranaya dengan merubah pola makan sehat dan pola hidup sehat, serta banyak berolahraga.

Baca Juga  12 Makanan Yang Turunkan Kolesterol Secara Alami

Mungkin hanya itu yang dapat kami informasikan mengenai Hubungan Penyakit Kolesterol Dengan Stroke. Smoga dengan adanya artikel ini bisa ememberikan manfaat untuk mencegah agar terhindar dari penyakit yang mematikan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *