Hubungan Antara Kolesterol Dan Penyakit Jantung

Hubungan Antara Kolesterol Dan Penyakit Jantung

Penyakit jantung telah menjadi penyebab utama kematian di populasi dunia. Sekitar 25 persen penduduk dunia meninggal karena penyakit jantung. Ini adalah penyakit umum yang mempengaruhi pria dan wanita. Kematian disebabkan oleh serangan jantung mendadak tanpa gejala awal yang meningkat. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui apa yang mungkin menyebabkan penyakit jantung yang mungkin bisa menyebabkan kematian.

Apa yang menyebabkan penyakit jantung?

Hubungan Antara Kolesterol Dan Penyakit Jantung – Penyakit jantung, yang juga disebut penyakit kardiovaskular ini umumnya disebabkan oleh kerusakan pada jantung itu sendiri atau pembuluh darahnya. Kerusakan ini dapat mempengaruhi lapisan dalam atau luar dari arteri koroner, atau kadang-kadang keduanya. Banyak orang rentan terhadap penyakit jantung karena berbagai alasan. Menyimpulkan, penyakit kardiovaskular sering disebabkan oleh:

Merokok

Padahal, merokok tidak hanya berkontribusi terhadap penyakit jantung. Banyak penyakit lainnya bisa disebabkan oleh kebiasaan ini, seperti kanker, penyakit paru-paru, stroke, dan impotensi. Perokok aktif memiliki kesempatan lebih besar untuk terkena penyakit jantung, meskipun perokok pasif tersebut – atau perokok bekas juga rentan terhadap penyakit ini. Merokok merusak lapisan arteri seseorang. Selain itu, karbon monoksida dalam asap tembakau mengurangi jumlah oksigen dalam darah Anda. Hal ini masing-masing akan mengurangi aliran darah kembali ke jantung.

Tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi tidak hanya menyebabkan penyakit jantung, tapi juga bisa menyebabkan gagal ginjal. Mirip dengan merokok, tekanan darah tinggi merusak sel-sel arteri lapisan dalam. Jika tidak diobati, ini akan menyebabkan kerusakan pada tubuh tanpa gejala yang terlihat. Dengan demikian, hipertensi bisa menyebabkan serangan jantung mendadak yang menyebabkan kematian.

Kegemukan

Ini juga merupakan faktor utama yang berkontribusi terhadap penyakit jantung. Obesitas dapat menyebabkan arteri yang menyempit sehingga bisa menyebabkan gagal jantung.

Ada beberapa faktor lain yang menyebabkan penyakit jantung. Penyakit ini juga sudah lama dikaitkan dengan meningkatnya kadar kolesterol di tubuh seseorang. Kadar kolesterol tinggi membuat banyak orang khawatir dengan kemungkinan terkena penyakit jantung. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui hubungan antara keduanya sehingga kita bisa menghindari serangan penyakit mematikan.

Hubungan Antara Kolesterol Dan Penyakit Jantung

Kolesterol dan penyakit jantung Kolesterol dapat ditemukan di semua sel tubuh, dan sebenarnya sangat penting untuk melakukan pencernaan yang tepat. Di tubuh kita, kolesterol berperan dalam memproduksi vitamin D, membuat hormon, dan menginduksi pencernaan. Dalam jumlah sedang, kolesterol yang secara alami diproduksi oleh tubuh sangat dibutuhkan untuk kesehatan kita. Namun, kadar kolesterol dalam sel tubuh bisa terakumulasi dari lemak hewani yang dikonsumsi melalui makanan kita. Ketika kita mengkonsumsi terlalu banyak lemak hewani dari daging, misalnya, jumlah kolesterol dalam aliran darah kita meningkat lebih dari tingkat yang dibutuhkan tubuh kita untuk pencernaan. Karena tidak semua kolesterol ini dicerna, beberapa di antaranya terakumulasi di lapisan arteri, menyebabkan apa yang disebut aterosklerosis, penebalan dinding arteri.

Arteri sehat harus fleksibel dan elastis untuk memastikan mereka bisa melewati darah dari dan ke jantung. Terlalu banyak kolesterol dalam darah akan menyebabkan dinding arteri ini menyempit dan menebal. Arus yang menebal akan mengakibatkan pelambatan aliran darah yang menuju ke jantung Anda. Semakin banyak kolesterol yang Anda konsumsi melalui lemak, pengental dinding arteri Anda berada. Di tubuh kita, arteri memiliki peran dalam sirkulasi oksigen dari dan ke jantung. Bila arteri-arteri tersebut menebal dan menyempit, suplai darah ini akan berkurang. Makanya suplai oksigen juga memburuk. Bila jantung Anda tidak mendapatkan cukup oksigen, Anda akan merasakan sakit dada yang berdenyut-denyut. Blok arteri kontinyu akan berakhir pada penyakit jantung yang dapat menyebabkan kematian.

Di aliran darah kita, ada dua jenis kolesterol yang tidak biasa. Ini adalah LDL (low-density-lipoprotein) dan HDL (high-density-lipoprotein). LDL adalah salah satu yang berhubungan dengan penyumbatan lapisan arteri, sementara HDL bekerja untuk membersihkan kolesterol dalam aliran darah. Makanan berlemak dalam makanan kita dapat berkontribusi untuk meningkatkan kadar LDL dalam darah, yang sekaligus meningkatkan kemungkinan penyakit jantung. Karena kolesterol darah tinggi tidak memberikan gejala yang terlihat, banyak orang tidak menyadari fenomena ini. Inilah sebabnya mengapa kolesterol tinggi sering menyebabkan kematian mendadak.

Baca Juga : Manfaat Buah Stroberry Bisa Turunkan Kolesterol

Hubungan Antara Kolesterol Dan Penyakit Jantung

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *